Blog Makna Kehidupan ini berkaitan dengan wawasan berfikir, kebiasaan dan hal-hal yang berkembang ditengah-tengah masyarakat. Mari bersatu dengan alam untuk memaknai hidup lebih mendalam.

BAGAIMANA CARA BERINTERAKSI DALAM SUATU KELOMPOK

23:22 Unknown 0 Comments





Sebelum masuk kepada pokok bahasan diatas, ada baiknya kita kupas sedikit tentang siapa manusia itu sendiri. MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, serta unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai MANUSIA INDIVIDU manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama.

Menurut kodratnya MANUSIA ADALAH MAKHLUK SOSIAL atau MAKHLUK BERMASYARAKAT, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.

Berdasarkan dua Pengertian yang berbeda dan saling berkaitan diatas maka sudah sepantasnyalah manusia menjalankan kedua perannya itu dengan arif dan bijaksana, agar terciptanya kondusifitas interaksi antara manusia satu dan manusia yang lainnya.

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU.

Sebagai makhluk individu manusia memiliki sifat ingin. Seperti sifat ingin alamiah yaitu ingin makan, ingin minum, ingin tidur, ingin bermain, ingin tahu dan lainnya. Disamping sifat ingin alamiah tersebut manusia juga mempunyai sifat keinginan yang khusus seperti ingin kaya, ingin terkenal, dan juga keinginan untuk dekat dengan sang pencipta. Dengan begitu MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAPAT DIKATEGORIKAN BEBAS, manusia berhak melakukan apapun yang diinginkan, tapi yang harus dicatat bahwa manusia itu sendiri harus mempertanggung jawabkan apa yang diperbuatnya dimuka bumi ini.

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL.

Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena setiap manusia mempunyai dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.

Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.

Definisinya : 1. Manusia harus tunduk pada aturan, norma sosial. 2. Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain. 3. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. 4. Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.

Setelah kita mengetahui apa- apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, maka dari sinilah kita bisa rumuskan BAGAIMANA CARA BERINTERAKSI DALAM SUATU KELOMPOK YANG BAIK :

1.      Jika Ingin berinteraksi pada suatu kelompok, sudah seyogyanyalah manusia itu memposisikan diri kepada Manusia sebagai Makhluk Sosial. Karena dengan berhimpunnya lebih dari 1 manusia, itu berarti orang-orang yang ada pada kelompok tersebut sudah berbicara kepentingan bersama bukan kepentingan individu.

2.      Ikutilah Sistem dan aturan yang ada. Karena jika kita tidak mengikuti sistem dan aturan yang sudah dikeluarkan oleh kelompok tersebut, maka dengan sendirinya kita mengabaikan kebersamaan yang ada dan dapat disebut mengambil keuntungan pribadi dari suatu kelompok yang diikuti.

3.      Berperan AKTIF, jangan menjadi PASIF. Ikutilah apa yang menjadi program, apa yang menjadi tujuan. Bersamalah bekerja dan bekerjasamalah. Dengan begitu anda menjadi TIM SOLID dari kelompok anda. Jika anda PASIF maka sewaktu-waktu anda akan terkerus oleh waktu.

4.      Jangan cuma mau MENDOMPLENG. Disuatu kelompok pasti ada orang-orang yang aktif dan pasif. Tapi banyak juga yang terjadi istilah DOMPLENG. Istilah Dompleng ini diberi kepada orang-orang yang hanya berinteraksi sama suatu kelompok. Tak mau bergabung, apalagi bekerja dan berbuat bersama untuk tujuan kelompok tersebut. Tapi diluar, orang tersebut mengatakan dialah MOTOR dari kelompok  tersebut.

5.      Dan yang tak kalah penting… Sekali-kali anda LIHATLAH DAPUR KELOMPOK tersebut. Lihatlah bagaimana orang-orang yang ada didalam kelompok itu berusaha untuk membangun kelompoknya demi tercapai tujuan yang ingin diraih. Pahamilah, bahwa kelompok tersebut berdiri bukan dari kalimat SIM SALABIN. Melainkan dari kerjasama yang solit, pengorbanan waktu dan materi dari anggotanya masing-masing.

Jadi intinya mari berinteraksi dengan baik… pahami bahwa berinteraksi yang baik itu berawal dari saling menghargai, dan mengetahui dimana posisi kita masing-masing.

0 comments: